Presiden Iran Klaim Temukan Cadangan Minyak Baru – Kompas.com – KOMPAS.com

YAZD, KOMPAS.com – Presiden Iran Hassan Rouhani mengklaim telah menemukan cadangan minyak baru yang nilainya mencapai 53 juta barel.

“Ini ladang minyak yang luasnya 2.400 kilometer persegi, membentang dari Bostan ke Omidiyeh. Kedalamannya hingga 80 meter,” kata Rouhani dalam pidatonya di pusat kota Yazd, Minggu (10/11/2019) seperti dikutip BBC.

Rouhani mengatakan pendapatan Iran dari minyak bisa bertambah 32 miliar dolar AS jika tingkat ekstraksi bertambah 1 persen saja.

Adapun cadangan baru ini, menurut Rouhani, setara dengan sepertiga cadangan yang dimiliki Iran. Ladang ini bisa jadi yang terbesar yang pernah dimiliki Iran.

Baca juga: Turki Berhenti Impor Minyak Iran karena Hormati Sanksi AS

Kendati menjadi negara pemasok minyak terbesar di dunia, Iran kesulitan menjual minyaknya.

Pasalnya, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi embargo terhadap Iran. Keputusan yang keras itu diambil setelah Presiden AS Donald Trump mundur dari perjanjian nuklir dengan negara-negara lain tahun lalu.

Akibatnya, perekonomian Iran jatuh. Nilai tukar merosot, inflasi meningkat, dan investor menjauh.

“Saya sampaikan kepada White House, ketika Anda menjatuhkan sanksi terhadap penjualan minyak Iran, para pekerja dan insinyur negara ini mampu menemukan 53 juta barel cadangan minyak,” ucap Rouhani.

Baca juga: 3 Negara Ini Pastikan Suplai Global Aman Meski Tak Import Minyak Iran

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: